BilaTerjadi Kebakaran Apa Yang Harus Dilakukan ?

BilaTerjadi Kebakaran Apa Yang Harus Dilakukan ?

Ajarnulis.com-Bila Terjadi Kebakaran Apa Yang Harus Dilakukan ? - Halo Sobat apa kabar ? Selamat pagi, siang, sore dan malam. Semoga sobat dalam keadaan sehat selalu aamiin.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang tips BilaTerjadi Kebakaran Tindakan Apa Yang Harus Dilakukan ? Semoga artikel ini bisa bermanfaat.


BilaTerjadi Kebakaran Apa Yang Harus Dilakukan ?

Terkadang bencana kebakaran  itu tak terduga datangnya meskipun kita tidak menginginkan dan mengharapkannya. Bencana itu datang secara tiba-tiba tanpa kita sadari. Untuk itu sebisa mungkin kita harus bisa menjaga diri agar kita terhindar dari resiko terjadinya bencana tersebut.

Berikut adalah tips yang harus dilakukan bila terjadi kebakaran :

Petama#1. Jangan Panik.

Bila kita menemui atau mengalami bencana kebakaran langkah pertama adalah jangan panik, agar kita bisa berfikir cepat tepat dan tenang dalam mengambil tindakan selanjutnya.

Kedua#2. Bila Memungkinkan Padamkan

Bila kondisi memungkinkan misal api masih kecil segera padamkan dengan air atau pasir atau bahan apa saja yang bisa untuk memadamkan api dan segera minta pertolongan tetangga dan pemadam kebakaran.

Ketiga#3. Bila Tidak Memungkinkan Selamatkan Diri dan Harta

Bila kondisi sudah tidak memungkinkan misal api cepat membesar dan tidak mungkin bisa dipadamkan segera selamatkan diri kita, jika kondisi memungkinkan selamatkan juga barang-barang/harta kita. jika tidak memungkinkan yang terpenting adalah diri kita selamat.

Keempat#4. Sabar dan Semangat segera berusaha untuk bangkit lagi.

Seseorang tidak boleh berlarut - larut dalam kesedihan dan meratapi bencana yang dialami, sabar terima ujian dengan ikhlas jadikan pelajaran untuk behati-hati agar terhindar dari bencana di kemudian hari, kemudian segera bangkit semangat untuk kembali berusaha.

Baca : Cara Mematikan Api Kebakaran Tabung Gas yang Bocor

Nah itulah sobat tips langkah-langkah yang diakukan bila terjadi kebakaran, sedapat mungkin kita hindari bencana dengan tidak melakukan tindakan yang memicunya meskipun itu hal sepele atau remeh misal buang puntung rokok sembarangan tanpa mematikan apinya, membiarkan kabel listrik terkelupas tanpa diganti dan lain-lain.

Mari jaga diri kita, harta, keluarga dan masyarakat dari musibah kebakaran  ....

Semoga kita selalu dijaga dari setiap musibah amiin..


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.